Kamis, 27 Mei 2021

Mengapa Android Lebih Baik Daripada iOS?

Perdebatan antara smartphone android dan ios kian memanas dewasa ini. Bagaimana tidak, pasalnya produsen dari masing-masing smartphone mencoba menawarkan fitur terbaik, tentunya dengan tujuan menggaet pelanggan atau konsumen lebih banyak. Sebut saja apple dengan iphone dan iosnya yang memiliki fitur apik nan ciamik contohnya seperti fitur kamera yang bisa dibilang superior sehingga menjadi smartphone berkelas pilihan kalangan atas.

Mengapa Android Lebih Baik Daripada iOS?
Mengapa Android Lebih Baik Daripada iOS?


Tapi, tunggu dulu, android juga tidak kalah keren, platform besutan google ini juga memiliki segudang fitur yang bisa membuat pengguna betah menggunakannya dan tak jarang juga menjadi pilihan utama setiap kali konsumen ingin mengganti smartphone karena harganya yang relatif murah dan juga banyak fitur yang bisa menunjang keseharian pengguna. Di beberapa sisi, android terlihat lebih baik daripada iphone. Benarkah begitu? mari kita ulas lebih lanjut mengapa android lebih baik daripada iOS.

Harga relatif murah

Produk apple seringkali dikenal dengan harga yang mahal. Tentu saja, berbeda dengan android yang memiliki vendor smartphone yang relatif murah mulai dari range harga satu jutaan. Walaupun ada smartphone android dengan harga segitu tapi spesifikasi yang ditawarkan sudah bisa dibilang lumayan. Kegiatan sehari-hari seperti browsing, main media sosial serta main game ringan juga sudah bisa dilakukan. Bicara soal harga, tentunya android jauh lebih baik daripada ios mengingat bisa menjangkau segala kalangan.

Bebas kustomisasi

Pengguna iOS hanya bisa mengganti gambar wallpaper atau lockscreen saja. Sementara android justru lebih bebas, android membolehkan pengguna untuk mengganti tampilan antar muka dengan lebih leluasa bahkan bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti launcher. Jadi, pengguna tidak akan bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja. Selain itu, android juga dikenal sebagai platform open source, ini memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi sistem android atau bahasa kerennya lebih dikenal dengan "oprek", misalnya seperti melakukan root, flashing, custom recovery dan lain sebagainya.

Integrasi dengan Google

Semua dari kalian pasti tahu dengan beberapa layanan google seperti gmail, youtube, google drive, google asistant dan sebagainya. Bagi pengguna yang menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut pastilah android menjadi daya tarik utama mengingat android memiliki integrasi sangat baik dengan Google, ini tidaklah mengherankan karena memang layanan tersebut adalah besutan Google sendiri. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam satu akun saja lalu semua aplikasi google bisa dijalankan tanpa harus login berkali-kali. 

Banyaknya pilihan hardware

Tidak seperti iOS yang hanya membolehkan platformnya di perangkat apple sendiri. Google justru lebih fleksibel, artinya platform android dapat kamu temukan di beragam vendor smartphone mulai dari samsung, xiaomi, asus, oppo dan banyak vendor lainnya. Hal ini menarik karena kamu juga dapat memiliki banyak opsi hardware smartphone, termasuk android dengan layar yang lebar, layar yang kecil, stylus pen, QWERTY keyboard serta baterai yang dapat di lepas pasang. Selain itu, ada juga android dengan spek gahar yang dikhususkan untuk gamer seperti contoh Asus ROG dan Xiaomi Blackshark.

Daya tahan baterai

Baterai yang cepat habis seringkali menjadi masalah yang ditemui oleh pengguna iOS, hal ini terjadi karena beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang atau sistem, iOS juga memiliki kapasitas baterai lebih kecil sedangkan android memiliki kapasitas besar serta tahan lama. Kesimpulannya, android memiliki daya tahan baterai yang bisa dibilang lama karena memiliki kapasitas yang besar contohnya saja salah satu seri samsung yang memiliki baterai 7000 mah dan juga memiliki berbagai fitur yang mendukung daya tahan baterai termasuk pengelolaan konsumsi energi, mode daya rendah yang berguna untuk membantu mengurangi konsumsi daya pada smartphone.

Jadi begitulah teman-teman, beberapa alasan mengapa android lebih baik daripada iOS. Nah, kalian tim mana nih, iOS atau android? jangan lupa berikan komentar dibawah ya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan terima kasih banyak.


EmoticonEmoticon