Senin, 19 Juli 2021

Apa itu Rekber dan Pulber?

Seiring berkembangnya teknologi dan internet, jual beli secara online pun semakin marak terjadi. Ini sangat memudahkan banyak orang mengingat mereka tidak lagi perlu mengeluarkan energi ekstra dengan keluar rumah melainkan hanya duduk santai di sofa, di kursi maupun berbaring di kasur lalu hanya bermodalkan beberapa kali sentuh pada layar smartphone maka jual beli pun bisa sukses terlaksana.

Rekber pulber adalah
Rekber dan Pulber


Meskipun semakin mudahnya kita bertransaksi, tidak menutup kemungkinan terhindar dari yang namanya penipuan. Banyak sekali terjadi penipuan online karena orang tidak berhati-hati, baik itu dalam nominal besar maupun kecil. Hal yang tidak mengenakkan tersebut sebenarnya bisa dihindari dengan memilih moda keamanan seperti rekber dan pulber. Apa itu? simak penjelasan berikut ini

Apa Itu Rekber?

Orang yang jarang bertransaksi secara online sepertinya masih asing dengan yang namanya rekber, padahal dengan mengetahui hal ini bisa menyelamatkan kita dari segala kemungkinan penipuan yang terjadi. Rekber atau rekening bersama adalah sebuah metode pembayaran yang dinilai lebih aman daripada bertransaksi secara langsung antara penjual dan pembeli.

Rekber awal mulanya hadir untuk menjadi solusi sekaligus mencegah penipuan secara online. Cara kerja rekber ini tidaklah sulit namun memiliki tanggung jawab besar, orang yang menyediakan jasa rekber biasanya menjadi pihak ketiga yang menyimpan uang untuk sementara waktu, ketika semuanya sudah aman dan barang (contoh : akun game, ff, mobile legend) juga sudah diterima oleh pembeli maka perantara atau penyedia jasa rekber ini akan meneruskan uangnya kepada penjual.

Dari itu bisa kita lihat transaksi terjadi secara aman terkendali karena memiliki perantara sehingga penjual tidak bisa melancarkan segala aksi penipuan apapun. Meskipun terbilang aman, bukan berarti metode rekber sepenuhnya tanpa celah. Pembeli dan penjual juga harus dengan hati-hati memilih jasa rekber yang akan dipakainya, pilih jasa rekber yang memiliki banyak testimoni dan reputasi yang baik untuk menghindari penipuan dari penyedia jasa.

Sebenarnya metode rekber ini sangatlah dekat dengan kita dan sering kita gunakan ketika membeli barang secara online. Metode rekber ini adalah sistem yang dipakai oleh situs web besar dan populer seperti tokopedia, bukalapak maupun shopee. Singkatnya, ketika ada pembeli yang akan membeli barang pada penjual di salah satu situs web marketplace, sebut saja tokopedia, pembeli akan melakukan transfer uang terlebih dahulu melalui rekening bersama yang disediakan oleh tokopedia, ketika barangnya sudah dikirimkan ke pembeli maka uang yang ditahan akan diteruskan ke penjual.

Apa Itu Pulber?

Orang yang belum memiliki rekening, mungkin akan memilih opsi pulber sebagai metode transaksi yang aman. Pulber adalah singkatan dari pulsa bersama, sama halnya dengan rekber, hanya saja yang menjadi perbedaan adalah pulsa atau saldo elektronik yang dipakai disini bukannya uang. Pulber biasanya digunakan untuk keperluan transaksi yang terbilang ringan seperti pembelian akun game, akun media sosial, voucher dan lain sebagainya.

Cara kerja pulber sebenarnya sama saja dengan rekber. Penyedia jasa, pembeli dan penjual terlebih dahulu melakukan kesepakatan, penjual memberikan informasi akun game kepada penyedia jasa untuk dikonfirmasi, pembeli mengirimkan pulsa sesuai kesepakatan kepada penyedia jasa pulber, kemudian jasa pulber mengirimkan akun game ke pembeli dan meneruskan sejumlah pulsa yang telah dikirim ke penjual. 

Biaya Rekber dan Pulber

Biaya rekber atau pulber ini sering disebut fee, ini adalah biaya untuk si penyedia jasa rekber atau pulber yang telah membantu transaksi terjadi secara aman dan berhasil. Biaya tersebut ditarik tergantung dari seberapa besar nilai transaksi yang dilakukan. Biasanya semakin tinggi nilai transaksi, semakin tinggi pula biaya yang dibayar ke penyedia jasa, begitupun sebaliknya. Kedua belah pihak antara penjual dan pembeli bisa melakukan kesepakatan terlebih dahulu siapa yang akan membayar fee penyedia jasa.

Penutup

Bagi kamu yang hendak melakukan transaksi secara online, tentu saja bisa mempertimbangkan salah satu dari rekber dan pulber ini tergantung barang apa yang ingin dibeli. Tujuannya untuk menghindari penipuan yang tidak diinginkan. Oke itulah artikel tentang apa itu rekber dan pulber, semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan jangan lupa ikuti terus blog ini untuk artikel menarik lainnya, terima kasih.


EmoticonEmoticon