Cara Memanfaatkan Internet Sebaik Mungkin

Internet seakan menjadi rumah kedua bagi setiap orang dewasa ini. Bagaimana tidak, selain jadi tempat “pelarian” dari dunia nyata tapi juga menjadi sarana untuk menghibur diri sendiri dengan beragam konten yang tersedia termasuk tulisan, video, gambar dan lain sebagainya.

Tapi, tidak jarang juga ada yang menggunakan internet sebagai media untuk belajar, menambah ilmu juga memperkaya diri dengan segala informasi. Semuanya yang bisa dipelajari ada di internet, kita hanya perlu mencarinya saja.
Cara Memanfaatkan Internet Sebaik Mungkin
Cara Memanfaatkan Internet Sebaik Mungkin
Jika orang zaman dulu mendapatkan informasi harus melalui buku. Berbeda dengan era saat ini yang kian makin maju. Informasi bisa didapatkan dengan sangat cepat, hanya perlu menggerakkan tangan sekian detik maka informasi yang kamu butuhkan akan tampil begitu saja.
Oleh karena itu, sangat disayangkan jika internet tidak digunakan untuk memperkaya diri dengan ilmu dan informasi bermanfaat serta segudang keuntungan lainnya. Berikut saya tuliskan cara memanfaatkan internet sebaik mungkin.

1. Ikuti orang berkualitas di media sosial

Media sosial seringkali menjadi tempat untuk saling bertegur sapa, hanya saja dilakukan secara virtual. Kita bisa menemukan banyak orang dalam media sosial termasuk teman, kenalan dan banyak lagi lainnya. Oleh karena itu, kita juga akan sering melihat konten-konten yang mereka bagikan di timeline.
Nah, konten berupa tulisan atau gambar tersebut bisa sedikit banyak mengubah cara pandang kita tentang sesuatu hal, bisa itu dalam hal baik atau malah buruk. Jadi, alangkah baiknya untuk lebih selektif memilih siapa saja yang ada di lingkaran pertemanan online. 
Misalnya kita menyukai hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, maka ikuti orang yang sering membagikan konten tersebut. Intinya ikuti setiap orang di media sosial yang sekiranya bisa memberikan banyak manfaat. Selain, kitanya mendapat ilmu, waktu juga tidak terbuang sia-sia.

2. Ikuti halaman-halaman edukasi bermanfaat

Di poin sebelumnya saya menjelaskan untuk mengikuti orang-orang yang berkualitas di media sosial. Nah, pada poin kali ini juga tidak jauh berbeda. Hanya saja, medianya adalah halaman-halaman edukasi. Sekarang ada banyak sekali page atau halaman edukasi yang bisa teman-teman ikuti baik itu di Facebook ataupun Instagram.
Topiknya pun beragam. Ada yang membahas sains, teknologi, sejarah, pop kultur dan banyak lagi lainnya. Dengan mengikuti halaman-halaman seperti ini, sedikit banyak bisa memberikan kamu informasi atau ilmu yang mungkin bermanfaat nantinya. Misalnya untuk kategori sains, kamu bisa mengikuti Berlogikeren dan Sainsologi.

3. Nonton video edukasi

Tentunya tidak jarang kita menghabiskan waktu berinternet untuk menonton video-video yang ada di YouTube. Biasanya berupa hiburan termasuk video musik, video lucu, gaming dan lain sebagainya. Salah satu kehebatan internet adalah kita dapat mempelajari banyak hal secara gratis dan YouTube merupakan platform yang bisa menunjang hal tersebut.
Ada ribuan video dengan berbagai kategori, salah satunya adalah edukasi. Jika kamu ingin mempelajari apapun maka youtube adalah jawabannya. Mau belajar pemrograman? ada. Mau belajar design? ada banyak videonya juga. Tidak terbatas di tutorial saja, kamu juga bisa menonton video-video yang dapat memberikan insight-insight baru.
Seperti halnya channel youtube Kok Bisa?, Hujan Tanda Tanya, Ayo Mikir, Nous ID. Ini adalah channel YouTube edukasi yang fokus utamanya membahas tentang sains, videonya juga dikemas dengan menarik dan mudah dipahami sehingga kalian tidak akan bosan.

4. Jadikan sebagai sarana belajar bahasa inggris

Perkembangan bahasa inggris saya tidak lepas dari yang namanya internet. Baik itu dalam hal speaking, listening maupun writing. Internet telah membantu saya untuk memahami hal-hal yang saya tidak ketahui. Bahasa inggris adalah bahasa global dan dipakai diseluruh dunia, maka bisa menguasainya menjadi suatu keunggulan di era saat ini.
Nah, internet sebagai bagian dari majunya teknologi bisa membantu kita untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan menjadikan internet sebagai sarana untuk belajar bahasa inggris. Misalnya, untuk melatih listening, kalian bisa menonton video youtube dengan atau tanpa subtitle. Untuk melatih speaking, kalian juga bisa berbicara dengan native speaker baik itu via aplikasi atau media sosial yang mendukung video call.
Hal lainnya yang saya lakukan dan terbukti efektif adalah dengan menulis dengan bahasa inggris terutama di media sosial. Ketika saya akan membagikan suatu konten, maka saya akan memberikan komentar dengan bahasa inggris, tidak perlu panjang, cukup singkat-singkat saja asal dilakukan dengan konsisten.
Belajar bahasa inggris adalah proses jangka panjang, tapi kita bisa mempercepatnya dengan mengelilingi dan mengekspos diri dengan konten-konten bahasa inggris secara terus menerus atau konsisten. 

5. Cari setiap pertanyaan yang tidak kamu ketahui jawabannya

Mengatakan bahwa internet adalah jendela dunia sepertinya tidak terlalu berlebihan. Bagaimana tidak, hampir semua hal bisa dicari di internet sekarang ini. Jadi, memanfaatkan internet untuk mencari ilmu atau informasi menjadi sebuah keharusan, setidaknya bagi orang-orang yang giat untuk belajar.
Jadi, setiap kali kamu menemukan sesuatu yang tidak kamu ketahui. Alangkah lebih baik langsung mencarinya di internet, dengan begitu kamu akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang kamu cari. Tidak hanya itu, misalnya kamu menemukan kata dalam bahasa asing yang tidak kamu tahu artinya, kamu bisa langsung membuka Google Translate. 

6. Kurangi aktivitas di media sosial

Internet memang memiliki segudang manfaat tapi jika digunakan secara berlebihan juga bisa mengundang yang namanya kerugian. Terlalu banyak mengonsumsi informasi membuat kita mengalami information overload, suatu kondisi dimana kita tidak bisa lagi menampung banyak informasi.
Maka dari itu, penting untuk mengetahui dan memilah-milah informasi yang akan kita baca sehingga apa yang kita dapat dari informasi tersebut juga lebih optimal. Begitu pun dengan media sosial, seringkali orang-orang terjebak dalam lingkaran FOMO (Fear of Missing Out) sehingga membuat mereka banyak menghabiskan waktu di Facebook, Instagram dan media sosial lainnya.
Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial ternyata tidak baik untuk kesehatan mental. Oleh karena itu, penting untuk sesekali mengambil jeda dari kekalutan internet yang tidak ada habisnya. Kamu mungkin bisa menonaktifkan media sosial selama 1 bulan atau bahkan beberapa bulan untuk merasakan efek baiknya.

7. Memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa banyak orang sekarang bisa menghasilkan uang dari internet. Yang kamu butuhkan hanya satu perangkat laptop dengan jaringan internet lancar maka menghasilkan uang dari rumah sangatlah mungkin dilakukan. Jika kamu suka menulis, maka menulis di blog adalah pilihan yang tepat, nantinya blog kamu bisa dipasangkan iklan atau endorsement produk. Tapi, hal itu tidak bisa dilakukan dalam satu malam melainkan membutuhkan proses yang relatif panjang.
Share your love
Fiza Ahmad Baizuri
Fiza Ahmad Baizuri
Articles: 23

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *