Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Salah Pilih!

Era digital seperti sekarang, memiliki laptop yang mumpuni sangatlah penting. Sebab, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja hanya bermodalkan laptop. Bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap pun tidak ada salahnya berinvestasi pada sektor ini.

Karena data menunjukan bahwa pekerjaan dengan prospek bagus rata-rata memerlukan laptop yang kompatibel. Sebut saja pekerjaan Data Analyst, Seo Spesialis, IT, Analisis Keamanan Informasi, dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui langkah-langkah tepat membeli laptop baru.

Tips Membeli Laptop Baru Agar Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Jangan pertimbangkan harga saja, banyak faktor lainnya yang harus anda pertimbangkan juga. Karena sebagai investasi jangka panjang, maka membayar mahal di depan tidaklah masalah. Selama laptop yang anda beli bisa awet dan kompatibel dengan pekerjaan Impian anda.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan!

Sistem Operasi yang digunakan

Laptop yang beredar dipasaran memiliki berbagai macam sistem operasi seperti Windows, Mac OS, Chrome OS, Linux, dan lainnya. Masing-masing sistem operasi memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri. Sehingga penting bagi anda untuk mempertimbangkan sistem operasi ini.

Nantinya, sistem operasi akan berpengaruh pada tampilan UI dan akan mempengaruhi UX. Belum lagi jika anda memiliki kebutuhan akan software tertentu. Karena tidak semua software bisa bekerja di semua sistem operasi.

Layar Laptop

Tips membeli laptop baru yang berikutnya adalah pertimbangkan layar laptop. Ukuran layar dan resolusinya menjadi parameter yang tidak bisa anda lewatkan, sebab nantinya akan mempengaruhi kenyamanan anda selama menggunakan laptop tersebut.

Mengutip dari lifewire, macam-macam ukuran laptop adalah 13, 15, 16,17, dan 18 inci. Namun yang paling sering digunakan adalah laptop berukuran 13 inci. Sedangkan untuk resolusinya juga cukup beragam, misalnya Full HD (1920×1080), WXGA ( 2560×1600), hingga 4K Ultra HD (3840×2160).

Pilihlah layar laptop sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda mengerjakan pekerjaan dengan Tingkat multitasking yang tinggi, mungkin ukuran laptop yang lebar akan sangat berguna. Sehingga pembagian layar software pada layar laptop anda bisa setara dan gak bikin sakit mata.

CPU dan GPU

Sekarang anda memasuki bagian vital dalam tips membeli laptop baru. Ketika ingin membeli laptop baru, jangan hanya mempertimbangkan tampak luarnya saja, bagian dalamnya pun perlu dipertimbangkan, seperti CPU dan GPU.

CPU atau Central Processing Unit atau yang lebih umum dikenal dengan nama processor adalah bagian terpenting dalam sebuah laptop. CPU ini memiliki peran untuk mengerjakan perintah yang anda berikan kepada laptop. Semakin bagus CPU-nya, semakin kencang pula performanya.

Sedangkan GPU atau Graphics Processing Unit atau yang lebih umum dikenal dengan nama kartu grafis adalah perangkat yang berperan untuk mendukung CPU mengeksekusi data-data grafis di laptop anda. misalnya software editing, dan game adalah software yang memerlukan dukungan GPU yang bagus.

Makanya jangan heran jika sebuah laptop yang sudah memiliki CPU terbaru, tapi masih kurang responsive dalam merespon perintah dalam urusan grafis. Bisa saja, GPU-nya kurang kompatibel untuk mendukung perintah tersebut.

RAM

Tips membeli laptop baru berikutnya adalah pertimbangkan kapasitas RAM laptop yang ingin anda beli. RAM atau random acces memory adalah hardware yang memiliki peranan dalam mendukung multitasking anda dalam mengoperasikan laptop.

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah laptop, maka semakin besar kemungkinan kemampuan multitaskingnya akan berjalan dengan lancar. Mungkin anda sempat menemukan laptop baru yang agak delay ketika diajak ber-multitasking ria. RAM adalah penyebabnya, sehingga jangan luput dipertimbangkan ya!

Baterai

Tips membeli laptop baru yang berikutnya adalah mempertimbangkan daya tahan baterai. Komponen laptop yang satu ini berguna untuk keperluan mobilitas anda. Sehingga kerja anda pun nantinya tidak akan terganggu karena harus sering mencharger laptop anda.

Dengan daya tahan baterai yang tinggi, memungkinkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Sehingga anda bisa lebih dipercaya oleh klien anda. Dengan begitu, pundi-pundi uang anda pun terus mengalir deras.

Kelengkapan Port

Tips membeli laptop baru yang terakhir adalah perhatikan kelengkapan port pada laptop anda. Karena banyak laptop jaman sekarang, yang memiliki port sedikit. Kondisi ini bisa terjadi karena inovasi pada desain laptop dan membuatnya semakin minimalis.

Jika anda memiliki kebutuhan port yang beragam seperti port vga, hdmi, usb, dan lainnya. Anda bisa membeli accesoris tambahan berupa dongle, namun itu artinya anda perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli laptop yang baru. Jadi, sesuaikan juga dengan budget anda.

Emangnya kapan anda mau membeli laptop baru?

Setelah mengetahui tips membeli laptop baru yang telah saya sebutkan, sekarang anda tidak perlu kebingungan lagi untuk memilih laptop baru. Yang paling penting sebenarnya dalam membeli laptop baru adalah sesuai dengan kebutuhan anda.

Sehingga uang dan laptop yang anda dapatkan bisa sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya untuk keperluan office saja, laptop dengan kisaran harga mulai RP 5 jutaan sudah sangat bagus. Namun, jika anda memerlukan akses yang lebih besar, harganya pun bisa mencapai diatas Rp 15 juta. Semoga bermanfaat.

Share your love
administrator
administrator
Articles: 8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *